Tuesday, April 21, 2015

7 Keuntungan Menulis Artikel di Blogspot

Blogspot memberikan kemudahan-kemudahan bagi Anda untuk menyalurkan ide sebagai seorang penulis. Menulis artikel secara online salah satunya di blogspot membuat tulisan Anda bisa diakses dari manapun dan kapanpun. Antarmuka blogspot (blogger) sangat mudah dipahami, selain itu Anda tidak perlu paham pemrograman web dan mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan menyewa hosting.

Berikut 7 keuntungan menulis artikel di blogspot:

1. Gratis domain dan hosting
Domain adalah alamat web di internet. Domain bersifat unik, satu nama untuk satu domain, tidak ada nama yang sama di dunia. Nama domain biasanya mengarah ke konten yang disajikan oleh pemilik domain. Contohnya, wikipedia.org berisi konten artikel deskriptif. Domain muslim.or.id berisi berisi artikel seputar islam. Satu domain per tahun dihargai sekitar Rp100 ribu, sedangkan hosting (tempat penyimpan data domain) harganya bervariasi, tergantung besar ruang penyimpanan data yang disediakan oleh pihak penyedia layanan.

Di blogspot, Anda cukup memiliki akun Google kemudian membuat blog Anda ke situs: blogger.com, tidak ada biaya domain dan hosting, gratis. Hebatnya lagi, satu akun Google bisa punya lebih dari satu alamat blog beserta hostingya. Nama domain Anda akan di tandai blogspot.com, contoh: 4seputarhidup.blogspot.com.

2. Tanpa perlu paham pemrograman web
Blogspot menggunakan antarmuka yang ramah pengguna. Cukup dengan 'klik-klik' menu Anda sudah bisa membuat blog baru, menulis artikel, melakukan kostumisasi seperti penambahan widget dan membuat page (halaman) baru. Jika dibandingkan dengan membuat web sendiri Anda harus paham pemgroraman sql, php, html dan bahasa css dan javascript.

3. Satu akun bisa banyak blog
Blogspot mengizinkan satu akun Google memiliki banyak blog. Misalnya satu blog Anda berisi konten belajar memasak, blog lainnya berisi tips bersepeda. Keinginan satu blog dengan satu tema konten bisa terpenuhi.

4. Antarmuka yang mudah dipahami
Antarmuka dashboard blogspot (blogger) sangat mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun. Menu-menu dalam bahasa Indonesia, tak perlu mengerti bahasa Inggris.

Antarmuka dashboard blogger.
Editor tempat menulis artikel juga mudah dipahami, contohnya untuk menembalkan huruf klik tanda B, miring klik I, menggarisbawahi klik U. Mirip Microsoft Office yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna komputer.

Editor blogger menulis artikel.
5. Mudah melakukan kustomisasi
Menyetel izin komentar, mengganti template, menambahkan kode css, mengganti setelan umu seperti bahasa, tampilan seluler dan lainnya dilakukan dengan 'klik-klik'.

Menu kostumisasi blog.
6. Sudah tersedia versi mobile
Blogspot yang Anda buat secara otomatis sudah ada versi mobile (seluler)-nya. Alamat blog tetap sama, tetapi saat pengguna ponsel (pintar) mengakses blog Anda, blog menampilkan versi mobile dengan ukuran lebar blog lebih kecil dan lebih ringan.

Versi seluler (kanan).
7. Mudah menghubungkannya dengan Google Adsense
Artikel yang Anda tulis di blogspot dapat dimonetisasi dengan bekerja sama dengan Google Adsense. Google Adsense adalah program penayang iklan dari Google. Anda akan dibayar dari klik iklan Google dan akan dicairkan setelah mencapai 100 dolar melalui Western Union. Di dashboard blogger menu Penghasilan untuk mengaktifkannya. Pastikan terlebih dahulu memiliki akun Google Adsense.

Penautan adsense ke blogspot.
Setelah membaca penjelasan di atas, apa reaksimu?

No comments:

Post a Comment