Saturday, April 11, 2015

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat merupakan modal utama mencapai segala impian. Nikmat sehat begitu terasa berharga ketika sudah sakit, saat sehat soal kesehatan diabaikan begitu saja. Padahal menjaga kesehatan tidak susah, hanya dibutuhkan konsistensi dan rasa peduli yang tinggi terhadap tubuh.

Tidak susah berarti bukan dianggap remeh. Sebab faktanya karena hal-hal dianggap sepele yang kemudian membawa akibat buruk dikemudin hari. Contohnya, sering telat makan menyebabkan timbulnya penyakit maag. Penyakit maag bukan penyakit ringan, pada tahap akut diharuskan operasi.

Sesibuk apapun hari-hari Anda tetaplah menjaga kesehatan tubuh. Berikut 5 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat setiap hari:

Sarapan sup ayam.
Image courtesy of tiramisustudio
at FreeDigitalPhotos.net
1. Sarapan di bawah jam 9
Sarapan identik dengan gaya hidup orang yang hidup di kota. Orang-orang dipedesaan, merek tidak ada sarapan tetapi makan pagi. Orang-orang desa makan 3 kali sehari, tidak biasa dengan sarapan seperti orang kota dengan hanya makan roti.

Hidup di kota dengan hiruk-pikuknya memaksa semua serba cepat sehingga memilih yang praktis saja. Tidak ada waktu untuk menyiapkan makan pagi menjadikan sarapan sebagai pilihan utama, apalagi bagi mereka yang masih hidup sendiri. Jika Anda termasuk orang seperti ini, sarapanlah di bawah jam 9.

Jam 9 sudah batas maksimal untuk waktu sarapan, terutama penderita sakit maag baik tingkat ringan atau tahap akut.  Perut mereka sangat sensitif jika terlambat mendapat makanan, maag bisa kambuh lagi.

2. Makan tepat waktu
Sesibuk apapun Anda jangan meremehkan waktu makan. Menjaga waktu makan merupakan usaha menjaga kesehatan dan ini dilakukan dari sekarang, bukan nanti setelah sukses atau setelah berkeluarga. Jika telah masuk waktu makan, tinggalkan semua pekerjaan.

3. Minum air putih secukupnyaSelain makanan yang cukup, untuk tetap berenergi dan tetap fokus Anda harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Umumnya dengan meminum air putih secukupnya, dalam arti Anda tidak merasa haus. Air putih bisa juga diganti dengan buah yang mengandung banyak air.

4. Tidak begadang
Bukan rahasia lagi, salah satu resep sehat Nabi Muhammad SAW adalah tidur setelah shalat Isya dan bangun lebih awal (sebelum shubuh). Hasilnya, beliau saw hanya 2 kali sakit selama hidupnya. Hindarilah kebiasaan begadang karena begadang banyak efek buruknya.

5. Tidak atau kurangi minum esKebiasaan minum es setiap hari bukanlah kebiasaan baik karena bisa membuat flu - terlebih jika daya tahan tubuh Anda lemah, mudah sakit. Meskipun Anda suka sekali dengan es teh di hari yang panas, namun demi kesehatan Anda, kurangilah atau tidak sama sekali.
Minum es juga merusak kualitas suara, misalnya Anda hendak mengajar, jadi pembicara, pembawa acara, ceramah, atau seorang tukang adzan, tentu sangat menjaga suara Anda. Sebab, bagaimana Anda akan adzan sementara suara Anda hilang.

No comments:

Post a Comment