Friday, May 1, 2015

3 Penyebab Membuang-buang Waktu di Tempat Kerja

Di tempat kerja waktunya bekerja bukan membuang-buang waktu. Anda sebagai karyawan mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. Jika Anda lalai, perusahaan yang rugi terlebih lagi Anda akan diberi peringatan pertama, kedua, ketiga akhirnya dipecat.

Saat bekerja Anda harus fokus karena jika tidak, laporan Anda yang hasilkan salah. Contohnya saat membuat laporan keuangan, salah dalam mengkalkulasi biaya-biaya bisa-bisa laporan Anda tidak seimbang, lebih besar pengeluaran dari pemasukan. Perusahaan bisa rugi dan Anda dimarahi bos.

Sebagai pekerja, Anda harus profesional - saat bekerja ya harus bekerja, tidak sibuk dengan hal lain yang mengganggu fokus Anda. Supaya Anda bisa fokus bekerja, Anda perlu paham apa saja penyebab Anda membuang-buang waktu di tempat kerja.

Media sosial melalaikan Anda.
Image courtesy of bplanet
at FreeDigitalPhotos.net
1. Mengakses media sosial
Saat sebelum bekerja Anda mengakses media sosial misalnya, tak sadar Anda telah melewatkan waktu 20 menit. Padahal 20 menit seharusnya sudah bisa membuat satu laporan atau menyelesaikan laporan kemaren yang belum kelar. Bayangkan jika dalam sehari Anda mengakses media sosial 2-3 kali, berarti Anda telah membuang waktu 1 jam secara sia-sia.
Untuk mengatasi ini sebelum membuka media sosial pastikan dulu apa tujuan Anda dan setelah itu langsung ditutup. Misalnya ingin melihat notifikasi terbaru dan pesan masuk, maka atur waktu misalnya hanya 5 menit. Dengan demikian Anda terhindar dari membuang-buang waktu.

2. Sibuk membaca berita
Anda tidak salah ingin mengetahui perkembangan Indonesia dan dunia dengan membaca berita di situs berita atau koran, tetapi ingat, tidak semua berita Anda harus baca dan menyita perhatian anda, katakanlah gosip artis yang sama sekali tidak ada sangkut paut dengan Anda, hanya menghabiskan energi Anda untuk fokus kepadanya.

Banyak berita di situs berita yang hanya mengundang keingintahuan dan rasa penasaran Anda tetapi jika Anda pikir ulang Anda sebenarnya tidak perlu membacanya karena tidak ada manfaatnya untuk Anda. Mulai sekarang pintar-pintarlah dalam memilih berita dan jika sudah selesai dibaca dan informasi telah Anda dapatkan segera tutup situs berita tersebut dan fokus lagi ke pekerjaan Anda.

3. Menonton tv, film sambil bekerja
Zaman teknologi telah canggih, untuk menonton tv dan film tak lagi harus lewat antena tetapi bisa lewat streaming langsung menggunakan koneksi internet, dan anehnya sebagian kantor menyediakan tv di ruang kerja. Anda harus bisa menahan diri untuk tidak terpengaruh dengan tv itu. Fokuskan pikiran Anda ke pekerjaan Anda dan bertekad menyiapkannya sesegera mungkin. Jika pekerjaan Anda telah selesai Anda merasa lebih tenang karena kewajiban Anda telah selesai.

No comments:

Post a Comment