Monday, March 23, 2015

5 Cara Meningkatkan Keahlian Pemrograman Anda

Ilustrasi. Image courtesy of jscreationzs
at FreeDigitalPhotos.net
Untuk bisa bersaing Anda membutuhkan keahlian tinggi. Untuk itu keahlian perlu diasah. Setelah pintar Anda pun perlu berbagi dengan ikhlas membantu teman-teman Anda yang kesusahan.

Untuk tahap awal Anda harus banyak berlatih dan membaca artikel atau buku dan menyelesaikan soal-soal. Jika Anda punya waktu luang, tak lupa juga menuliskannya dalam bentuk artikel atau buku. Berikut 5 hal yang bisa Anda tempuh:

1. Banyak membantu siapa saja yang membutuhkan
Anda seorang mahasiswa atau pelajar? Memiliki keahlian di atas rata-rata (teman Anda). Bantulah mereka dengan ikhlas! Dengan banyak membantu secara tidak langsung Anda sedang melatih diri Anda dan menyimpan ulang apa yang Anda ketahui ke memori otak. Biasanya, apa yang Anda ajarkan akan susah lupa dari ingatan.

Jika Anda seorang penulis (blog, buku) Anda banyak mendapatkan ide dari pertanyaan-pertanyaan teman Anda. Catat ide-ide tersebut dan tuliskan dalam bentuk artikelnya di lain waktu.

2. Banyak berlatih dan membaca
Jika Anda belum bisa membantu dan masih dalam tahap dibantu, mau tidak mau harus lebih banyak berlatih dan banyak membaca buku, artikel, mempelajari contoh-contoh program dari internet. Sanat dianjurkan Anda memiliki mentor yang siap membantu saat Anda buntu, tetapi perlu dicatat, Anda harus mencoba dulu.

Tahap berikutnya, pikirkan sebuah ide untuk sebuah program apa saja. Kemudian rancang dan coba kerjakan. Di saat mengerjakan, Anda menemukan hal-hal menarik tetapi tidak tahu cara membuatnya, di saat itulah perjuangan Anda dimulai. Cari tahu jawabnya di internet atau buku. Jika sudah buntu, baru tanya mentor Anda

3. Bergabung dengan forum
Rajin-rajinlah membaca dan menjawab pertanyaan di forum-forum pemrograman di internet. Contohnya, bergabung di grup Facebook. Silahkan lihat di sini beberapa forum yang kami sarankan untuk Anda.

4. Belajar bersama
Saat belajar di ruangan dengan guru atau dosen, Anda mungkin kurang cepat dalam pemahaman atau bisa jadi pengajar tidak secara detail mengajarkan (sepotong-sepotong). Anda bersama teman Anda perlu belajar bersama dengan menunjuk salah satu teman Anda sebagai mentornya yang dianggap level keahliannya lebih tinggi. Biasanya pihak kampus mengizinkan labor dipakai untuk belajar bersama saat jam-jam kosong. Jika tidak, di tempat kos atau di rumah teman juga mengasyikkan (tak formal).

5. Jika sempat, tuliskan
Sebarkan pengetahuan Anda ke seluruh dunia dengan menuliskannya di blog atau situs pribadi Anda. Artikel yang Anda tulis bisa dibaca orang dari segala penjuru dunia (jika berbahasa Inggris), kalaupun tidak memakai bahasa Indonesia saja sudah cukup. Anda telah berupaya membagikan apa yang Anda ketahui dengan menuliskannya.

No comments:

Post a Comment