Sunday, March 15, 2015

5 Fasilitas Sebaiknya Didapat Orang Mengerjakan Skripsi

Ilustrasi mahasiswa.
Image courtesy of imagerymajestic
at FreeDigitalPhotos.net
Skripsi merupakan salah satu syarat untuk menuntaskan pendidikan bangku kuliah sekaligus mendapatkan gelar sarjana. Skripsi dibuat dengan ilmu yang telah didapatkan pada waktu kuliah mulai semester satu sampai semester terakhir.

Fasilitas
Fasilitas atau kemudahan-kemudahan sangat dibutuhkan oleh orang mengerjakan skripsi terlebih jika jauh dari keluarga, misalnya anak kos yang semuanya diurus sendiri. Untuk itu para orangtua perlu memahami dan memaklumi, serta lebih memperhatikan kebutuhan anaknya dibanding sebelumnya.

5 fasilitas yang sebaiknya didapat:

1. Katering
Saat masa-masa pengerjaan skripsi, kesehatan mahasiswa sangat penting dijaga. Namun, karena terlalu fokus pada skripsi sehingga sering telat makan, sering makan di luar yang tidak memperhatikan gizi atau kebersihan makanan, asal terpenuhi saja rasa lapar. Untuk itu, jika orangtu mampu sebaiknya anaknya diberikan paket katering. Sang anak tetap sehat dan tetap fokus ke skripsi.

2. Media teknologi
Orangtua perlu memenuhi kebutuhan media teknologi, laptop (notebook), printer dan modem untuk koneksi internet. Anak tidak mungkin mengerjakan skripsi ke warnet karena banyak menghabiskan biaya serta tidak disarankan karena saat mengerjakan skripsi dibutuhkan ketenangan suasana yang mana di warnet yang biasanya sangat riuh.

3. Laundry
Khusus untuk masa pengerjaan skripsi, anak sebaiknya tidak perlu mencuci pakaian sendiri tetapi memakai jasa cuci pakaian (laundry). Anak tetap rapi (tidak kumal) meskipun menjalani hari-hari berat dan sering bolak-balik ke kampus bertemu dosen pembimbing.

4. Tambahan uang belanja
Mulai dari katering, biaya tinta printer, beli kertas cetak, biaya koneksi internet, biaya membeli buku untuk referensi skripsi dan biaya-biaya lain. Orangtua seharusnya tidak heran anaknya meminta uang belanja lebih dari biasanya.

5. Kendaraan
Dosen pembimbing tidak selalu ada di kampus, mahasiswa yang menyesuaikan untuk bisa bertemu untuk bimbingan. Jika kampus cukup jauh dari tempat kos (rumah), anak perlu kendaraan. Motor atau sepeda sudah cukup.

No comments:

Post a Comment