Saturday, March 7, 2015

3 Langkah Menghindari Tidur Lagi Setelah Bangun Pagi

"Bangun lagi - tidur lagi", slogan yang cukup terkenal tetapi merupakan kebiasaan buruk. Bisa bangun pagi lebih mudah dilakukan daripada langsung bangkit dari tempat tidur dan tak tidur lagi setelahnya. Tidur lagi setelah terbangun sering membuat kelabakan, awalnya ingin menambah tidur 10 menit lagi malah menjadi 1 jam. Akirnya, semua serba tergesa-gesa, melewatkan sarapan bahkan tak juga mandi, tancap gas langsung pergi ke tempat kerja, ke sekolah atau ke kampus.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan setelah bangun pagi. Mencuci pakaian, setrika seragam, mengulang-ulang pelajaran, menyelesaikan tugas sekolah, menyapu halaman, menulis artikel, mengurus taman, membantu memasak dan aktivitas lainnya. Tidur lagi setelah bangun pagi membuat suhu tubuh tinggi (terasa panas) yang membuat mengantuk sepanjang hari.

Setidaknya ada 4 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tidur lagi setelah bangun pagi:

Bangkit dari tempat tidur setelah bangun
Setelah terbangun langsung duduk, jangan lagi berbaring di tempat tidur. Setelah itu berwudhu untuk siap-siap shalat subuh (untuk umat Islam). Berjalan ke masjid dan menghirup udara segar sangat senang rasanya. Secra tidak langsung menggerakkan badan, olahraga kecil-kecilan.

Supaya mudah bangkit dari tempat tidur, waktu tidurnya harus mencukupi. Tidur jam 24.00 atau jam 1 dini hari memang sangat susah untuk bangkit setelah terbangun. Usahakan cepat tidur agar kebutuhan istirahat tubuh terpenuhi.

Jauhi tempat tidur....
Setelah cuci muka dan pulang shalat dari masjid jangan dekat-dekat lagi dengan tempat tidur Anda karena Anda akan tegoda untuk tidur lagi. Sibukkan diri dengan aktivitas ringan, yang penting jauh dari tempat tidur.

Lakukan aktivitas
Melanjutkan paragraf ketiga, rasa mengantuk muncul tatkala Anda tak ada kegiatan  - cuma duduk termenung. Anda bisa membantu beres-beres rumah, mencuci pakaian, mencuci mobil, menyapu halaman atau membantu ibu membantu menyediakan sarapan pagi. Olahraga jalan santai atau bersepeda juga bisa menjadi pilihan untuk ‘menghangatkan’ tubuh Anda dan mengurangi kantuk.

Ketiga langkah di atas membutuhkan perjuangan dan kesabaran untuk melakukannya. Jika sudah terbiasa maka tidak lagi menjadi beban tetapi sudah menjadi rutinitas biasa. Maka sebelum berhasil melakukannya teruslah berusaha sampai bisa.

No comments:

Post a Comment